Kamis, 19 Januari 2012

Fenomena Mesin ATM “Lapar”

Ini bisa jadi cerita unik saya di awal bulan tahun 2012 ini. Agak sedikit shock juga awalnya karena baru pertama kali (dan jangan lagi deh…). Mungkin beberapa dari Anda juga sudah mengalami hal ini di mana kartu ATM Anda “dimangsa” oleh Mesin ATM “lapar” (ini apaan ya maksudnya?).

Jadi ceritanya saya mau menarik tunai dari sebuah mesin ATM suatu bank (18/01/12). Ternyata eh ternyata ada kejadian aneh. Uang dan resi sudah keluar eh kartu ATM saya nggak kunjung keluar. Dengan sedikit kebingungan akhirnya saya tahu bahwa kartu ATM saya tertelan mesin ATM tersebut. Dalam pikiran saya sih mungkin mesinnya lapar kali ya? Hehehe. Terlepas dari kisah unik ini saya ingin share pengalaman saja tentang apa yang harus dilakukan kalau hal ini sampai terjadi (semoga aman-aman saja!). Yang paling penting adalah periksa dengan teliti sebelum meninggalkan mesin ATM (apakah uang dan kartu ATM sudah diambil). Bisa jadi saking girangnya kita dapat uang eh kartu ATM lupa nggak diambil.

Lalu bagaimana dengan kasus yang baru saja saya alami ini? Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan.

  1. Tetap tenang dan periksa kembali apakah memang kartu ATM benar-benar belum diambil.
  2. Jika memang ATM tertelan maka segera lapor kepada petugas keamanan yang berjaga di sana. Saya sarankan melakukan transaksi melalui ATM yang dekat dengan bank sehingga mudah dalam penanganannya. Saya sendiri kebetulan melakukan transaksi melalui mesin ATM yang dekat dengan bank jadi saat terjadi hal tersebut mudah untuk melapor.
  3. Setelah dipastikan ATM tertelan Anda biasanya akan langsung pulang. Nah loh kenapa eh kenapa? Itu karena Anda diminta membawa buku tabungan dan KTP. Tapi tenang karena menurut petugas keamanan kemarin jika ATM tertelan maka masih aman.
  4. Setelah itu Anda diminta menemui customer service dan melaporkan masalah Anda.
  5. Isi form yang sudah disiapkan dan sembari diminta untuk menunjukkan mesin ATM mana yang ”lapar” hehe. Beberapa menit kemudian kartu ATM Anda akan kembali dengan selamat dan utuh.

Nah, ini sedikit share pengalaman saja tapi saya belum tahu bagaimana jika hal ini terjadi di mesin ATM yang jauh dari banknya. Maka itu saya sarankan bertransaksi di mesin yang dekat dengan bank yang bersangkutan. Semoga berguna dan saya mengucapkan terima kasih juga karena pihak bank merespon dengan cepat ^_^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar