Minggu, 29 November 2015

Ilmu Tentang Sarapan di Acara Jalan Sehat Bersama Energen

Suasana sebelum acara jalan sehat dimulai (doc. pribadi)


Tulisan saya kali ini akan berhubungan dengan sarapan. Ceritanya hari Minggu, 29/11/2015 saya mengikuti acara jalan sehat yang digelar oleh Energen, salah satu produk minuman instant dan Pergizi. Apa hubungannya dengan sarapan? 

Jadi, pada acara jalan sehat yang juga digelar untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional ini, Energen ingin mempopulerkan sarapan pagi sebelum jam 9. Ternyata, sarapan pagi sebelum jam 9 pagi itu banyak sekali manfaatnya. Selain itu, Energen ingin mempopulerkan sarapan pagi karena 7 dari 10 anak Indonesia masih kekurangan gizi dan hal tersebut menghambat perkembangan fisik dan mental anak-anak Indonesia.  

Setelah sampai di tempat acara, Lapangan Rampal, Malang, saya langsung menukarkan kupon khusus untuk mengambil 4 sachet Energen. Saat saya datang, antrean sudah cukup panjang. Peserta mulai dari bapak, ibu, anak-anak sangat antusias mengikuti acara jalan sehat ini. Apalagi salah satu hadiah utamanya adalah sepeda motor.

Acara ini cukup seru karena sebelum jalan sehat dimulai, peserta bisa bermain game berhadiah paket keren dari Energen atau cek gizi. Setelah jalan sehat pun masih digelar senam pagi bersama.  
Nah, ada beberapa hal yang saya dapatkan dari acara jalan sehat yang diselenggarakan Energen ini.

Harus Sarapan, tapi dengan syarat
Dari jalan sehat bersama Energen ini, saya jadi tahu pentingnya sarapan pagi. Saya sendiri masih jarang sarapan. Saya hanya minum teh dan roti atau camilan jika ada.

Walaupun harus sarapan pagi tapi sarapan tersebut tetap dengan syarat. Menurut informasi yang saya dapatkan tersebut, "sarapan sehat adalah makan dan minum yang aman dan bergizi pada pagi hari sebelum jam 9 menjelang sekolah atau bekerja. Sarapan tersebut harus memenuhi 15% - 30% dari kebutuhan gizi harian."

Salah satu undangan pun memberikan pesan bahwa sarapan pagi yang tepat haruslah sarapan yang aman, bergizi seimbang, cepat untuk disajikan, dan enak.   

Manfaat sarapan sehat di pagi hari
Awalnya, saya bertanya-tanya kenapa harus sebelum jam 9 pagi? Memang kenapa kalau jam 10 ke atas? Ternyata jawabannya adalah karena jam sebelum jam 9 adalah jam di mana Anda mempersiapkan diri untuk aktivitas pagi hari. Setelah jam 9, kita sudah mulai sibuk dengan berbagai aktivitas mulai dari aktivitas ringan sampai berat. Bayangkan saja kalau kita tidak sarapan padahal aktivitas kita padat.

Berikut ini beberapa manfaat sarapan sehat sebelum jam 9 pagi
  • Memberikan energi sebelum melakukan aktivitas
  • Menambah konsentrasi
  • Lebih aktif
  • Anak tidak gampang marah dan gelisah
  • Pertumbuhan fisik dan mental lebih baik
  • Mengurangi jajan sembarangan untuk anak
Selain itu, peserta juga dibekali 10 pesan gizi seimbang dari KEMENKES, 2014
  1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan
  2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
  3. Biasakan mengkonsumsi lauk-pauk yang mengandung protein tinggi
  4. Biasakan mengkonsumsi aneka ragam makanan pokok
  5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak
  6. Biasakan sarapan
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
  8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
  9. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal 

Hal-hal unik di acara jalan sehat bersama energen 
Menurut saya, acara jalan sehat ini lebih dari sekadar acara jalan sehat biasa. Selain jalan sehat yang juga dianjurkan agar tubuh sehat da bugar, saya pun mendapatkan ilmu baru mengenai pentingnya sarapan.
Cara yang dilakukan oleh Energen dan Pergizi juga terbilang unik. Salah satu cara yang mereka lakukan untuk mengenalkan pentingnya sarapan adalah dengan memberikan komik. Komik tersebut berjudul “Ayo Sarapan Sehat!”. Selain itu, mereka juga memberikan berbagai informasi penting mengenai kesehatan seperti estimasi persentase lemak tubuh berdasarkan Indeks Massa Tubuh, umur, dan jenis kelamin. 

Sebelum acara dimulai, Energen juga mengajak peserta untuk minum Energen bersama. Yang menjadikan momen ini unik adalah minum bersama ini dilakukan serentak di 4 kota yaitu Malang, Semarang, Tangerang, dan Samarinda. Karena itu, acara minum bersama ini masuk dalam rekor MURI untuk peserta sarapan bersama terbanyak di Indonesia. Wah, saya senang sekali jadi bagian dari pemecahan rekor MURI.

Ada pula lomba foto live tweet. Jadi, peserta harus berfoto dengan latar belakang logo Energen. Foto harus bergaya dan berbeda dari biasanya. Nantinya, peserta diharuskan melakukan mention ke sebuah ID. Peserta dengan pose yang paling menarik akan mendapatkan hadiah dari Energen. Saya juga berkesempatan untuk berpose di lokasi lomba tersebut, tapi tidak ikut lombanya.  

Peserta jalan sehat juga bisa ikut mendukung gerakan sarapan pagi bergizi sebelum jam 9 pagi dengan cara menandatangani papan besar dengan logo Energen. Banyak sekali peserta yang menandatangani papan tersebut sekaligus mengabadikan dalam foto.

Intinya, hari ini saya senang sekali karena bisa mendapatkan ilmu dengan cara yang menyenangkan dan menyehatkan. Belajar bisa di mana saja termasuk saat olahraga. Semoga di tahun-tahun berikutnya Energen bisa menggelar acara serupa yang lebih seru lagi.

5 komentar:

  1. Wah aku nggak tahu acara ini. Ini ama sama dengan yang di balai kota San? Sebab kemarin aku ke Taman Trunojoyo lewat sana ada lomba gerak jalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini Andri mas bukan Sandi hehehe. Beda mas ini di Rampal, emang banyak acara jalan sehat kemarin itu. 2 hari sebelumnya pas lewat Rampal ada banner besar tentang jalan sehat ini, terus aku daftar.

      Hapus
  2. Saya sih selalu rajin sarapan. Kecuali bila sedang malas. Hehehe

    BalasHapus
  3. Btw kalau kebiasaan ngopi sama ngeteh di pagi hari itu aman ngga bagi kesehatan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendukung gerakan sarapan sebelum jam 9 itu mas kalau sudah sering sarapan hehe.

      Saya kurang tahu pastinya mas karena bukan ahlinya, tapi kalau baca-baca teh sama kopi juga ada manfaatnya, mungkin asal tidak berlebihan aja mas.

      Salam kenal dan terima kasih sudah mampir mas.

      Hapus