Minggu, 11 Oktober 2015

Pengalaman Menerbitkan Novel Fabel Petualangan Leon Bersama Nulisbuku.com




Jadi ceritanya saya memiliki naskah novel bergenre fabel yang masih belum dipublikasikan ataupun saya terbitkan. Setelah beberapa lama, saya ingin sekali menerbitkan novel fabel ini. Minimal saya ingin menggunakannya sebagai koleksi pribadi dan tentu saya sangat berterima kasih jika ada yang membeli dan mengapresiasi. 

Singkatnya, akhirnya saya memutuskan untuk menerbitkan melalui nulisbuku.com. Sebelumnya, saya sudah mengetahui informasi nulisbuku.com secara langsung saat mengikuti sebuah acara yang digelar di Café Ria Djenaka, Malang. Selain itu, beberapa karya saya juga tergabung dalam antologi yang juga diterbitkan secara indie namun saya tidak terlibat langsung dalam proses penerbitannya.

Nah, kali ini saya ingin membagikan sedikit pengalaman saya saat menerbitkan Novel Fabel berjudul “Petualangan Leon” bersama nulisbuku.com di mana penulis sedikit terlibat dalam proses penerbitannya. Proses kreatif sebelum Novel Fabel "Petualangan Leon" diterbitkan bisa dibaca di sini

Proses upload naskah
Saat memutuskan untuk menerbitkan bersama nulisbuku.com itu artinya saya harus menyiapkan segala sesuatunya secara mandiri atau sendiri. Saya harus siap dengan cover depan, cover keseluruhan, naskah utuh, dan naskah sample. Tapi saya tidak begitu khawatir karena nulisbuku.com sangat membantu dalam proses upload naskah ini. Saya hanya perlu mendownload beberapa keperluan pendukung seperti layout untuk naskah, ukuran cover, dan lain sebagainya (selengkapnya bisa dibaca di website nulisbuku.com).

Contoh buku terbit dan pembatas buku "Petualangan Leon"

Saat mengupload naskah ini, saya mengalami kesulitan di mana naskah saya tidak bisa terupload. Saya tidak tahu kenapa, padahal semua keperluan sudah saya lengkapi. Karena sudah beberapa kali saya coba tetap tidak bisa, lalu saya mencoba mengirim email pemberitahuan kepada admin nulisbuku.com. Sekali lagi, website dengan tagline “Publish Your Dream!” ini sangat membantu saya. Setelah menanyakan beberapa hal dan memang tetap tidak bisa, admin langsung membantu saya untuk mengupload kelengkapan naskah saya. Terima kasih admin dan nulisbuku.com!

Proses penerbitan
Setelah semua kelengkapan sudah terupload, saya menunggu “Petualangan Leon” untuk naik cetak. Proses pencetakan buku ini dilakukan selama kurang lebih 14 hari untuk 1 buku proofread. Saya senang karena hasil cetakan sangat rapi dan jelas. Memang, saya harus membeli satu eks buku karya saya tersebut, tapi buat saya tidak masalah dan memang sudah ketentuan saat memutuskan untuk menerbitkan di nulisbuku.com. Yang menyenangkan lagi, ada pembatas buku yang diselipkan pada Novel Fabel “Petualangan Leon” dengan kalimat motivasi dan tagline nulisbuku.com. 


Contoh halaman "Petualangan Leon" cetakan Nulisbuku.com

Setelah buku saya terima, saya periksa keseluruhan dan saya anggap tidak ada masalah. Barulah, saya memberitahukan kembali kepada admin nulisbuku.com untuk “Go Live” atau siap dijual di website nulisbuku.com. Karena ini adalah self publishing, maka buku hanya dijual di website tersebut dan akan dicetak saat ada pesanan atau Print on Demand. Semua akan dijelaskan oleh admin nulisbuku.com dengan detail dan jelas! 

Intinya, sejauh ini saya puas dengan layanan yang diberikan oleh nulisbuku.com. Cover depan Novel Fabel “Petualangan Leon” bisa dilihat di sisi kanan blog saya ini. Silakan klik cover untuk melihat detail sekaligus mendownload beberapa halaman sample-nya atau kunjungi langsung nulisbuku.com untuk informasi lengkapnya.

Yes! I finally published my dream!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar