Selasa, 18 September 2012

Paham Produk

Beberapa hari yang lalu saya mengamati seorang penjual dan pembeli yang sedang bertransaksi. Rupanya, si pembeli tidak langsung membeli apa yang harus beliau beli walaupun semuanya sudah ada dalam sebuah catatan kecil. Pembeli tersebut menanyakan beberapa hal terkait dengan barang yang dibeli. Disisi lain, penjual mampu menjawab dengan baik dan mengarahkan pembeli untuk tidak hanya sekedar membeli tapi juga memberikan beberapa pilihan produk yang baik. Saya tahu penjual tersebut mengarahkan dengan baik karena sesekali pembeli juga merespon balik karena tahu maksudnya. 

Dari pengamatan sederhana semacam itu akhirnya saya belajar bahwa penguasaan akan produk atau jasa yang ditawarkan sangatlah penting. Dalam hal ini, kita tidak hanya menunjukkan kelebihan-kelebihan saja namun juga hal-hal terkait dengan kondisi produk. contohnya, sesekali penjual bertanya "yang ini (produk) mau dipakai apa ya, Pak?" lalu pembeli menjawab "Oh, ini mau saya pakai untuk....," penjual itu sendiri kemudian menunjukkan beberapa produk yang serupa dengan produk yang ingin dibeli oleh Bapak tersebut dengan menjelaskan detail masing-masingnya termasuk tingkat kesesuaian dengan kebutuhan pembeli tersebut.

Beberapa saat kemudian, setelah semua transaksi selesai saya melihat senyum puas di wajah pembeli tersebut. Sedangkan penjual juga tersenyum puas karena produknya laku terjual dan ada pelayanan lebih. Saya sendiri juga puas karena berhasil mengabadikan momen ini walaupun sudah beberapa hari yang lalu :). Sebagai seorang yang sedang belajar bisnis atau bisa dibilang merintis pelajaran semacam ini sangat berguna dengan harapan bisa saya terapkan dalam bisnis saya sendiri nantinya. 

NB: momen ini terjadi di sebuah toko bangunan dan saya tidak begitu paham dengan produknya jadi hanya bisa menuliskan potongan-potongan dialog saja hehe. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar